Home » » CARA PERAWATAN KEBERSIHAN BAYI SETIAP HARI

CARA PERAWATAN KEBERSIHAN BAYI SETIAP HARI

Setiap hari bayi harus dirawat dan dibersihkan, perawatan bayi ini menyangkut perawatan diseluruh bagian tubuh dan badan bayi yang meliputi kebersihan bagian-bagian seperti :

1. Mata

Bayi usia 0 - 1 bulan umumnya memproduksi lebih banyak kotoran pada matanya. Gunakankain yang lembut, bersih dan agak basah untuk membersihkan mata, mulai dari bagian sudut mata sebelah dalam, hingga ke sudut mata sebelah luar. Pergunakan kain bersih yang baru setiap kali membersihkan untuk masing-masing matanya.

2. Hidung

Selaput hidung bayi sangat halus dan mudah terluka. Hindari untuk memasukan pembersih hidung terlalu dalam. Gunakan alat khusus pembersih hidung pada saat bayi pilek dan berlendir, letakan handuk hangat pada hidung bayi apabila hidung tersumbat.

3. Telinga

Setelah memandikan bayi, bersihkan bagian dalam telinganya menggunakan pembersih telinga khusus bayi, hati-hati dan hindari memasukan korek kuping atau pembersih telinga terlalu dalam, karena hal ini dapat melukai selaput membran dalam telinga. Bersihkan pula bagian belakang telinga dengan kain basah.

4. Sela-sela dan Lipatan tubuh

Lakukan pembersihan pada bagian sela-sela dan lipatan tubuh bayi, bersihkan semua bagian dari daki dan kotoran yang menempel. Lakukan dengan lembut dan perlahan karena kulit bayi sangat halus dan sensitif, untuk bagian tertentu dapat dibersihkan dengan baby oil sekaligus melindungi dan mencegah kulit bayi dari iritasi.

5. Kuku Jari

Periksa kuku bayi setiap hari. Bila tidak digunting, kuku bayi dapat melukai wajahnya sendiri. Gunting kuku bayi minimal 1x seminggu, sebaiknya lakukan pemotongan kuku saat bayi tidur, caranya pegang jari tangan atau kaki bayi dengan aman. gunting dengan cara membulatkan ujung kuku bayi, hal ini agar tidak tersisa sudut yang tajam pada kuku bayi.

Demikian ayah-bunda, carabagaimana merawat dan membersihkan bayi kita setiap hari pada bagian-bagian pentingnya, semoga bermanfaat. terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar