Home » , » 9 TIPS CARA AGAR IMUNITAS SI KECIL BAIK DAN KUAT

9 TIPS CARA AGAR IMUNITAS SI KECIL BAIK DAN KUAT

Gambar: Nebolet.com
Imunitas atau kekebalan tubuh yang berupa sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh anak terhadap pengaruh biologis luar seperti juga organisme uniselular seperti bakteri dimusnahkan oleh sistem enzim yang melindungi terhadap infeksi virus. Pada anak sangat diperlukan sekali imunitas yang baik dan kuat untuk melindungi sikecil dari bakteri dan infeksi virus seperti disebutkan di atas. Inilah beberapa tips untuk menjaga imunitas si kecil agar kuat dan baik. Tips yang diberikan Greene MD FAAP, seorang dokter anak yang juga aktif menulis dalam situsnya drgreene.com. Berikut ini tips-tipsnya:

1. Hindari Antibiotik yang tidak perlu
Kenyataannya semakin banyak antibiotik yang dikonsumsi anak, semakin besar kemungkinan ia dapat mudah sakit, bahkan lebih lama. Pasalnya, Infeksi yang disebabkan oleh kuman yang semakin kebal.

2. ASI
Nutrisi alami ini bermanfat pula untuk melindungi berbagai infeksi seperti seperti otitis media. infeksi influenza  Haemophilus type b invasif, berbagai infeksi saluran pernafasan-baik atas maupun bawah-bahkan bertahun-tahun setelah penyapihan. Anak-anak yang dulunya tidak diberikan ASI rata-rata beresiko 5 kali besar terkena infeksi telinga.

3. Asap rokok
Asap rokok sangat berbahaya, hindarkan ini dari anak-anak sejauh mungkin. Terpapar asap rokok dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, bahkan bertanggung jawab pada lebih dari 2 juta kasus infeksi telinga pada anak-yang sebetulnya tidak perlu-setiap tahunnya di Amerika Serikat.

4. Masalah Tidur
Masalah tidur terjadi, baik itu karena kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak, dapat membuat seorang anak ringkih.

5. Vaksinasi
Lengkapi imunisasinya dan berikan pula anak vaksin flu. Ini akan sangat membantu melindungi anak-anak dari berbagai infeksi.

6. Air minum
Cukup minum dapat membantu mendukung fungsi imunitas anak.

7. Zinc (Zat Besi)
Anak-anak yang kekurangan zinc umumnya mudah terkena berbagai infeksi dan sakit lebih lama. Oleh karenanya penuhi kebutuhannya akan zat besi, terutama dari sumber makanan alami seperti sayuran hijau, ikan, daging, dan kacang kedelai.

8. Xylitol
Ini merupakan pemanis non-gula alami, dapat ditemukan pada buah raspberry dan plum. Xylitol dapat meminimalkan risiko infeksi telinga, infeksi sinus, dan kerusakan gigi.

9. Yoqurt
Bakteri baik dalam yoqurt dapat membantu meminimalkan resiko terkena antara lain diare, keracunan makanan, alergi makanan, dan infeksi sinus.


Demikianlah 9 Tips yang diberikan Greene MD FAAP, seorang dokter anak yang juga aktif menulis dalam situsnya drgreene.com. Semoga bermanfaat. Thanks yang bunda,

0 komentar:

Posting Komentar