Home » , , » CARA MEMPERDENGARKAN MUSIK PADA SIKECIL YANG BERMANFAAT BESAR

CARA MEMPERDENGARKAN MUSIK PADA SIKECIL YANG BERMANFAAT BESAR

Bunda---Musik memberi banyak manfaat bagi perkembangan otak anak, mulai dari pengembangan kemampuan logika hingga pembelajaran agar dapat mendengarkan, fokus, dan memperhatikan. Berikut adalah beberapa kegiatan mudah dan sederhana tapi bermanfaat besar yang dapat dilakukan bersama buah hati kesayangan kita.

1. Bernyanyi Bersama

Keterampilan dan konsep yag dipelajari: memdengar, memperkaya kosakata, memahami konsep cepat dan lambat, keras dan lembut, perkembangan motorik kasar. 

Disamping memperdengarkan sajak anak atau bermain peran menggunakan jari, bawakan beberapa lagu lama kesukaan anda seperti lagu "Hokey Pokey", "Twinkle, tewinkle little star", atau "Baa, Baa, Black Sheep"
  • Untuk anak yang lebih kecil (1-3 tahun). Nyanyikan lagu anak-anak secara bervariasi, lembut, keras, cepat maupun lambat.
  • Untuk anak yang lebih besar, cobalah menyertakan permainan imajinatif dengan bertanya "menurutmu bagamana gajah menyanyikan lagu ini?". Tirukan suara gerakan dan suara yang dibuat binatang.
2. Merubah Lirik.  

Anda dapat meningkatkan kemampuan si kecil dalam mengingat kata yang menjadi bagian dari sebuah lagu dengan menghapus atau mengubah lirik dan meminta si kecil menyebut kata yang benar dalam lirik tersebut, dengan cara ini selain terjalin komunikasi yang baik antara anda dan anak juga terjadinnya pengembangan kemampuan estetik dan intelektual anak dalam seni.

3. Bermain "Petak Suara".

Lokalisasi dan mencari jejak suara adalah keterampilan penting yang harus dikuasai anak-anak.
  • Untuk bayi: Gunakan berbagai instrumen musik (atau alat rumah tangga untuk menciptakan bunyi yang berbeda). Mainkan instrumen tersebut di dalam ruangan yang sama dengan tempat bayi berada. Perhatikan bagaimana reaksinya.
  • Untuk batita dan balita: Sembunyikan alat perekam dengan rekaman suara tertentu. Mainkan di dalam ruangan dan minta si kecil agar mencari di mana sumber bunyi tersebut.
  • Untuk anak-anak yang lebih besar: Gunakan penutup mata dan mainkan instrumen musik di bagian lain dalam ruangan di mana dia berada. Minta si kecil untuk mendatangi Anda sebagai sumber bunyi.
4. Membacakan Buku

Membaca adalah hal yang paling penting tidak hanya bagi perkembangan intelektual namun juga untuk perkembangan bahasanya. Penelitian mengenai otak menemukan bahwa anak-anak lebih tertarik pada kata-kata berirama dibanding yang tidak.

Predictable books memiliki rima, pengulangan kata, frasa, kalimat, dan tata bahasa, refrain, dan pola kumulatif. Cerita-cerita ini mengundang anak untuk memprediksi atau membuat perkiraan mengenai kata, frasa, kalimat, rangkaian kejadian, dan karakter yang mungkin akan datang kemudian.

Demikian cara memperdengarkan musik pada si kecil yang walaupun sederhana tetapi sangat besar manfaatnya untuk tumbuh kembang anak dalam perkembangan otaknya. Terimakasih-bunda. 

0 komentar:

Posting Komentar